MATEMATIKA NALARIA
Matematika Nalaria atau matematika logika adalah Matematika yang berbasis pada nalar atau logika berpikir
dalam menyelesaikan dan
memecahkan suatu
masalah.
Matematika Nalaria dikembangkan untuk memberikan manfaat
yang lebih dari matematika bagi peserta didik. Karena hingga saat ini,
matematika yang diajarkan cenderung bersifat mekanik artinya hanya
mengerjakan soal yang bersifat rutin sehingga nalar dari peserta didik kurang
terangsang untuk berkembang.
Matematika
nalaria saat ini sangat dibutuhkan siswa terlebih lagi bagi siswa yang akan
mengikuti lomba/kompetisi matematika khususnya olimpiade matematika. Karena
soal yang ada pada Kompetisi/olimpiade matematika banyak yang harus menggunakan
nalar atau logika siswa.
Soal-soal
yang mengandung unsur nalar memang mempunyai ciri yang unik. Biasanya soal-soal matematika nalaria tidak bisa langsung
dipecahkan
karena harus melalui beberapa tahapan pengerjaan.
Langkah awal dalam mengembangkan kemampuan matematika nalaria adalah memahami soal yaitu tahu apa yang diketahui. Kemudian memikirkan strategi yang dilanjutkan dengan melaksanakan strategi tersebut dan mengulangi untuk memikirkan strategi kedua jika strategi pertama gagal. Setelah berhasil periksa kembali jawaban tersebut.
Strategi mengembangkan kemampuan Matematika Nalaria
adalah :
1.
Siswa harus
mempelajari materi Matematika diluar kurikulum sekolah.
Materi-materi
yang ada dalam matematika nalaria cenderung tidak ada atau sangat sedikit
disampaikan dalam pembahasan kurikulum Matematika di Sekolah Dasar pada
umumnya.
Materi-materi
yang harus dikuasai adalah :
v Teori
Bilangan (Aritmetika)
v Aljabar
v Geometri
v Pengukuran
v Teori
permainan
2. Siswa harus sering berlatih mengerjakan soal
Kompetisi/olimpiade matematika.
Pengalaman dalam mengerjakan soal Kompetisi / Olimpiade
Matematika sangat diperlukan, sebab soal kompetisi/olimpiade merupakan
matematika berbasis nalar serta soal yang
baru biasanya terkait dengan teori dari soal-soal pada kompetisi/olimpiade sebelumnya.
3. Siswa harus memahami metode penyelesaian masalah atau teknik-teknik untuk menyelesaikan soal.
a. Pahami
persoalan.
Kita
harus memahami masalah yang diberikan, misalnya : apa yang diketahui ; apa
yang ditanyakan, untuk beberapa masalah bisa dilakukan ; menggambar
diagram, mengorganisir informasi yang diketahui dan menghubungkannya dengan
yang lain.
b. Pikirkan
Rencana
Carilah
strategi yang paling cocok dalam memecahkan masalah tersebut. Bisa menggunakan
lebih dari satu strategi dalam memecahkan suatu masalah. Strategi-strategi
tersebut tidak memberikan langkah pasti untuk memperoleh suatu jawaban, tetapi
cenderung merupakan ide awal dalam menyelesaikan masalah.
Beberapa
strategi yang umum dipakai :
v Mencari
pola
v Membuat
gambar, diagram atau grafik
v Generalisasi
masalah
v Penyederhanaan
masalah
v Berpikir
kontradiktif
v Menggunakan
pendekatan trial-and-error (coba/gagal)
v Bekerja
mundur
c. Laksanakan
Rencana
Cobalah
strategi tersebut. Setiap tahapan strategi baru, diperiksa secara terperinci
dan harus terbukti benar dengan alasan-alasan yang logis-realistis secara
Matematika.
d. Melihat
kembali
Setelah
jawaban selesai dibuat, lihat kembali jawaban tersebut. Untuk mengetahui apakah
dalam proses pengerjaan soal, ada kesalahan atau ada cara lain yang lebih
mudah.
4. Siswa harus belajar mengkomunikasikan jawaban dengan
baik.
Pada kegiatan Pembelajaran Matematika Nalaria, banyak
soal yang membutuhkan jawaban dalam bentuk pembuktian atau pernyataan tentang
alasan. Oleh karena itu, siswa harus teliti dalam penulisan jawaban, karena
sebenarnya banyak siswa yang tahu jawaban dari soal yang disajikan akan tetapi
cara siswa mengkomunikasikan jawabannya kurang tepat atau kekurang jelasan
dalam menuliskan jawaban (Tulisan sulit dibaca atau tidak terurut proses
jawabannya) sehingga jawabannya dianggap tidak tepat/belum benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar